Langsung ke konten utama

Pasar dalam Media Massa : Apa itu ?

Pernahkah kalian mendengar kata pasar berkaitan dengan media massa??  Apa ituu?? Apa saja jenis-jenisnya?? Apa hubungannya dengan media massa?? Mari kita bahas di bawah ini.


Related image




Untuk membuat sebuah media massa harus dilakukan riset terhadap pasar terlebih dahulu, yaitu :


  1. Geografis ; Jumlah penduduk, menggunakan metode pengumpulan data penduduk yang bisa digunakan.
  2. Demografis : Target, harga jual yang cocok dengan untung hanya 10%
  3. Mencari tahu ada berapa pesaing
  4. Mencari tahu ada berapa perusahaan disana dengan jenis apa saja
  5. Ketersediaan sumber daya : Apakah perkerjanya cukup atau tidak.
Perusahaan media massa tidak akan langsung mendapat pengiklan sekali terbit, minimal menutuhkan waktu 2 tahun hinggal dikenal masyarakat.

     Media massa harus bebas dari politik, agama, dan tidak boleh afiliasi pada ras tertentu. Media yang berafiliasi dengan politik pasti akan mudah tumbang karena bergantung pada pemimpin politik pada saat itu. 

    Jika perusahaan media massa yang dibangun tidak laku, maka lebih baik membentuk media massa baru di pasaran dari pada mengubah karena biayanya akan lebih besar.

Berikut macam-macam pasar :
  1. Pasar Fisik/Informasi : pasar yang menjual trust / kepercayaan. Berhubungan dengan rasa percaya dari pembeli/konsumen dengan produk media massa yang dijual di pasar. 
  2. Pasar Iklan : dilihat dari TIRAS/Oplah nya.
  3. Pasar Intelektual : dilihat dari artikel dan opini editorial, pamor, atau nama penulisnya.
  4. Pasar Barang Bekas : koran-koran yang tidak laku, maka dijual ke pasar ini.
Mari kita bahas point-point penting dari macam-macam pasar di atas. Setiap pasar yang ada, memiliki hal-hal yang bisa mempengaruhi pasar tersebut.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari pasar fisik/informasi, yaitu :
  • Akurat, up to date, aktual, dan terpercaya informasinya
  • Masalah Geografis : informasi yang dekat dengan lingkungan kita, contohnya koran Banten, maka isinya seputar Banten.
  • Tingkat pendapatan / ekonomi masyarakat
  • Target usia / demografis 
  • Golongan masyarakat
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari pasar intelektual, yaitu :
  • Isi harus berbobot
  • Penulis harus memiliki kualitas
Di dalam pasar intelektual, yang paling dilihat adalah siapa penulis dari berita tersebut, semakin dikenal dan berkualitas, semakin banyak konsumen yang akan memilih media massa tersebut.

Untuk pasar iklan, akan ada hitung-hitungan dalam beriklan. Di televisi yang menentukan pasar iklan adalah rating, sedangkan koran/media massa cetak adalah TIRAS/Oplah. Ada perhitungan yang digunakan pemasang iklan atau disebeut CPM.
CPM ( Cost Per Mile ) ; biaya yang dikeluarkan pengiklan untuk mencapai jumlah targetnya.

Sebagai informasi penting lainnya, antara pasar informasi dan pasar iklan tidak akan berjalan linear. Pasar informasi lebih bedar/lebar dari pada pasar iklan atau sebaliknya. Hal ini dapat disebabkan karena isi dari pasar informasi banyak hal-hal yang buruk, target masyarakat tidak sesuai sehingga tidak ada pengiklan, dan sikap politik (misalnya, satu koran bersikap oposisi sehingga iklan dari pemerintah tidak diijinkan, si pemilik koran bermusuhan dengan kelompok pihak tertentu sehingga pengiklan terbatas) juga dapat menjadi penyebabnya.

Terima kasih, semoga ini bermanfaat dalam menentukan pasar perusahaan anda :)



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pentingnya Mempelajari Manajemen Media Massa !

Apakah kalian tahu mempelajari manajemen itu sangat penting baik dari jurusan manapun? Dalam kehidupan sehari-hari pun kita akan mempraktekan yang namanya manajemen. Seperti mengatur kehidupan dan kegiatan sehari-hari agar teratur dan tercapai goals" yang diinginkan. Namun, saya akan membahas tentang pemahaman dasar dari Manajemen Media Massa.  Pada hakikatnya manajemen adalah suatu kegiatan untuk mencapai tujuan dengan menggunakan sumber daya (SDA dan SDM) yang ada semaksimal mungkin. Dulu media massa digunakan sebagai alat untuk melakukan provokasi melalui media elektronik terutama radio. Seiring perkembangan zaman manusia mulai menyadari media massa bukanlah sarana untuk provokasi melainkan untuk memperoleh informasi yang akurat dan ditujukan untuk kepentingan khalayak bukan perorangan atau kelompok tertentu. Media massa kini menjadi padat karya dan padat modal. Ada 3 jenis media massa ; 1. Komersial : Akurasi dalam memberikan informasi menjadi aspek yan

Perusahaan Media Cetak

Bagaimana cara kerja suatu media massa (cetak) ?? Cara kerja media massa berupa cetak adalah sebagai berikut : - Akan ada utusan atau bawahan yang pertama mencari informasi dibeberapa tempat - Pengumpulan info ini berfungsi untuk memutuskan apakah informasi yang diperoleh lengkap, pantas untuk diberitakan, dan berguna bagi masyarakat. - Kemudian utusan-utusan itu akan membuat tulisan dari informasi yang di dapat. - Lalu pada akhirnya akan ada rapat terakhir, membagi-bagikan hasil tulisan ke anggota redaksi untuk dinilai kelayakannya, hingga akhirnya diterbitkan ke dalam surat kabar.    Hal yang paling penting menentukan laku atau tidaknya suatu surat kabar dapat dilihat juga melalui jumlah pengiklan yang ingin memasang iklan di surat kabar tersebut. Iklan akan sangat membantu menutupi kekurangan biaya produksi sekaligus menambah pemasukan perusahaan media massa. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai  susunan kepemimpinan redaksi  (bagian newsroom) di Media Massa berupa sura