Pernahkah kalian mendengar kata pasar berkaitan dengan media massa?? Apa ituu?? Apa saja jenis-jenisnya?? Apa hubungannya dengan media massa?? Mari kita bahas di bawah ini.
Untuk membuat sebuah media massa harus dilakukan riset terhadap pasar terlebih dahulu, yaitu :
- Geografis ; Jumlah penduduk, menggunakan metode pengumpulan data penduduk yang bisa digunakan.
- Demografis : Target, harga jual yang cocok dengan untung hanya 10%
- Mencari tahu ada berapa pesaing
- Mencari tahu ada berapa perusahaan disana dengan jenis apa saja
- Ketersediaan sumber daya : Apakah perkerjanya cukup atau tidak.
Perusahaan media massa tidak akan langsung mendapat pengiklan sekali terbit, minimal menutuhkan waktu 2 tahun hinggal dikenal masyarakat.
Media massa harus bebas dari politik, agama, dan tidak boleh afiliasi pada ras tertentu. Media yang berafiliasi dengan politik pasti akan mudah tumbang karena bergantung pada pemimpin politik pada saat itu.
Jika perusahaan media massa yang dibangun tidak laku, maka lebih baik membentuk media massa baru di pasaran dari pada mengubah karena biayanya akan lebih besar.
- Pasar Fisik/Informasi : pasar yang menjual trust / kepercayaan. Berhubungan dengan rasa percaya dari pembeli/konsumen dengan produk media massa yang dijual di pasar.
- Pasar Iklan : dilihat dari TIRAS/Oplah nya.
- Pasar Intelektual : dilihat dari artikel dan opini editorial, pamor, atau nama penulisnya.
- Pasar Barang Bekas : koran-koran yang tidak laku, maka dijual ke pasar ini.
Mari kita bahas point-point penting dari macam-macam pasar di atas. Setiap pasar yang ada, memiliki hal-hal yang bisa mempengaruhi pasar tersebut.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dari pasar fisik/informasi, yaitu :- Akurat, up to date, aktual, dan terpercaya informasinya
- Masalah Geografis : informasi yang dekat dengan lingkungan kita, contohnya koran Banten, maka isinya seputar Banten.
- Tingkat pendapatan / ekonomi masyarakat
- Target usia / demografis
- Golongan masyarakat
- Isi harus berbobot
- Penulis harus memiliki kualitas
Untuk pasar iklan, akan ada hitung-hitungan dalam beriklan. Di televisi yang menentukan pasar iklan adalah rating, sedangkan koran/media massa cetak adalah TIRAS/Oplah. Ada perhitungan yang digunakan pemasang iklan atau disebeut CPM.
CPM ( Cost Per Mile ) ; biaya yang dikeluarkan pengiklan untuk mencapai jumlah targetnya.
Sebagai informasi penting lainnya, antara pasar informasi dan pasar iklan tidak akan berjalan linear. Pasar informasi lebih bedar/lebar dari pada pasar iklan atau sebaliknya. Hal ini dapat disebabkan karena isi dari pasar informasi banyak hal-hal yang buruk, target masyarakat tidak sesuai sehingga tidak ada pengiklan, dan sikap politik (misalnya, satu koran bersikap oposisi sehingga iklan dari pemerintah tidak diijinkan, si pemilik koran bermusuhan dengan kelompok pihak tertentu sehingga pengiklan terbatas) juga dapat menjadi penyebabnya.
Terima kasih, semoga ini bermanfaat dalam menentukan pasar perusahaan anda :)
Terima kasih, semoga ini bermanfaat dalam menentukan pasar perusahaan anda :)
Komentar
Posting Komentar