Setiap perusahaan pasti memiliki tujuan masing-masing yang akan mereka capai. Untuk merumuskan tujuan dari perusahaan, kita harus mengawalinya dengan membuat visi dan misi.
- Visi adalah rumusan sesuatu yang besar atau mimpi yang besar.
- Misi adalah sesuatu yang bisa direalisasikan dari visi yang perusahaan tersebut inginkan
Tujuan itu adalah maksud dan sasaran atau goals yang bisa diukur.
Tujuan itu bisa terwujud, namun belum tentu tepat sasaran dan begitu pula sebaliknya.
Dengan mengetahui sasaran, maka perusahaan dapat mengetahui arah untuk membuat strategi.
Ada beberapa hal yang dibutuhkan untuk mencapai sasaran yang harus dimanfaatkan secara optimal, yaitu :
- Modal : bisa pinjam di bank.
- SDM : dapat disesuaikan dengan kemampuan keuangan.
- Waktu : mutlak dan harus benar-benar dimanfaatkan sebaik mungkin.
- Teknologi / Equipment : beli atau pinjam hak paten, beli perangkat, dan menyewa lalu membayar royal tee.
Dalam mencapai tujuan harus membuat rencana strategis agar tercapai optimal. Rencana strategis itu adalah apabila terjadi perubahan rencana, maka biaya yang dikeluarkan lebih besar.
Recana itu adalah uraian tentang apa yang ingin kita capai dan diumumkan.
Macam-macam rencana perusahaan menurut jangka waktunya :
- Rencana jangka panjang : 5-10 tahun
- Rencana jangka menengah ; 1-5 tahun
- Rencana jangka pendek : 1 minggu sampai beberapa bulan.
Dalam mencapai sasaran pasti akan ada halangan yang membuat arah strategi berubah. Oleh karena itu kita harus menyiapkan langkah taktis atau improvisasi. Langkah ini menyimpang dari strategis awal, namun biayanya tidak besar hanya berbelok sedikit lalu kembali ke jalur strategis awal.
Improvisasi ini dapat dilakukan untuk menipu pihak lawan.
Tapi ingat selalu setiap tindakan yang dilakukan jangan keluar dari batas visi dan misi yang ingin dicapai. Semoga sukses usahanya :)
Komentar
Posting Komentar